Memulai investasi? Berikut 3 kesalahan umum yang harus dihindari


Ketika Anda pertama kali mulai berinvestasi, ini bisa tampak seperti kurva pembelajaran yang sangat curam. Anda mungkin melihat peluang investasi yang terlihat menarik, hanya untuk mengetahuinya nanti tidak berguna.

Anda bisa salah waktu dan kehilangan uang, atau mendapati diri Anda berinvestasi pada sesuatu yang tidak terlalu Anda pahami.

Yang benar adalah kesalahan tidak bisa dihindari dalam berinvestasi, terutama saat Anda baru memulai. Bahkan investor terbaik pun sesekali ikut campur. Namun, beberapa kesalahan mudah dihindari. Dan memahami kesalahan orang lain dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Dengan pemikiran tersebut, kami berbicara dengan dua investor muda tentang kesalahan terbesar mereka - dan apa yang akan mereka lakukan secara berbeda jika mereka memiliki waktu luang.

Kesalahan # 1: Tidak memiliki strategi investasi yang jelas


Mellisa Ma, 25, adalah salah satu pendiri perusahaan sosial pendidikan keuangan yang bertujuan membantu wanita muda dengan keuangan mereka.

Tumbuh dewasa, dia ingin tahu tentang investasi. Itu dibicarakan di keluarganya, dan dia pernah membacanya. Jadi, ketika dia berusia 18 tahun, dia memutuskan untuk mencobanya sendiri. Kesalahan terbesarnya, katanya, adalah dia tidak memiliki strategi atau rencana yang nyata.

"Saya memiliki uang saya di sekitar dua atau tiga saham perusahaan individu, dan karena itu, saya tidak terlalu terdiversifikasi, dan saya sebenarnya mengekspos diri saya pada banyak risiko," katanya.

"Bahkan jika satu atau dua dari perusahaan itu gagal, saya bisa kehilangan sebagian besar uang saya." Kate Campbell adalah investor muda lainnya. Dia belajar bisnis dan keuangan, dan menghasilkan podcast tentang keuangan dan investasi pribadi.

Kate, 23, mulai berinvestasi pada usia yang sama dengan Mellisa, dan dia memiliki pengalaman serupa.
"Saya membeli dan menjual perusahaan yang paling acak, dan saya tidak memiliki pemahaman tentang pasar atau investasi atau bunga majemuk," katanya.

"Saya pikir jika saya terus menempuh jalan itu, saya mungkin akan takut berinvestasi seumur hidup. Saya memenangkan beberapa, dan saya kehilangan beberapa - saya benar-benar hanya berjudi."

Dia juga membeli dan menjual sepanjang waktu, yang menyebabkan sakit kepala pada saat pajak.

Ketika Anda mengajukan pengembalian pajak, Anda harus memperhitungkan keuntungan atau kerugian dan pendapatan dari investasi Anda, seperti menjual saham atau menerima dividen. Bagi Kate, itu adalah mimpi buruk.

"Saya tidak menyimpan catatan apa pun, saya hanya tidak tahu tentang semua itu. Saya telah mencoba berbagai aplikasi dan platform, dan departemen pajak memiliki beberapa informasi, tetapi Anda harus mencari tahu sisanya," katanya.

"Saya pikir bagi investor baru, mungkin hanya bertahan dengan satu broker dan tidak beralih ke platform yang berbeda adalah cara yang baik untuk melakukannya."

Kesalahan # 2: Berharap cepat kaya


Baik Mellisa dan Kate suka berinvestasi di pasar saham.

Saham telah menjadi pilihan investasi jangka panjang yang baik di Australia, dengan pengembalian sekitar 10 persen per tahun selama 100 tahun terakhir. Tetapi dalam jangka pendek, pasar saham dapat berfluktuasi dengan liar, seperti yang telah kita lihat sejak awal COVID 19.

"Jika menyangkut naik turunnya pasar, kita perlu memahami bahwa ekonomi naik dan turun. Tapi dalam jangka panjang, biasanya cenderung naik," kata Mellisa.

"Kami telah melalui banyak kekacauan. Kami telah melalui Perang Dunia, Depresi Hebat, GFC dan yang terbaru kami telah melalui pandemi.

"Tapi setelah masing-masing, entah itu memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun, ekonomi selalu pulih."

Dan sementara saham, properti, dan opsi investasi lainnya sedang naik daun akhir-akhir ini, Melissa mengatakan penting untuk diingat bahwa harga juga bisa turun.

"Saya sedikit khawatir bahwa mereka yang mulai berinvestasi pada awal pandemi memiliki persepsi bahwa pasar berjalan dengan baik, dan jika mereka tetap [berinvestasi] mereka akan mendapatkan pengembalian 20 persen," katanya.

"[Ada risiko] ketika pasar jatuh sedikit, mereka ketakutan karena mereka belum pernah mengalami penurunan pasar sebelumnya."

Kesalahan # 3: Tidak berinvestasi sama sekali


Salah satu penyesalan terbesar saya adalah saya tidak mulai berinvestasi lebih awal. Ternyata itu adalah kesalahan yang sangat merugikan.

Untuk menjelaskan alasannya, perhatikan contoh berikut. Mari kita asumsikan seorang investor, Anastasia, mulai menginvestasikan $ 1.200 setiap tahun pada usia 20 tahun, dan memperoleh pengembalian tahunan sebesar 10 persen.

Investor kedua, Raven, juga menginvestasikan $ 1.200 per tahun, dan mendapatkan 10 persen. Tapi dia mulai 10 tahun kemudian, pada usia 30 tahun.

Dia akan berakhir dengan hanya di bawah $ 200.000, kurang dari setengah jumlah Anastasia.

Ini adalah pengingat bahwa waktu seringkali menjadi faktor terpenting dalam hasil investasi.

Dan, meskipun Anda tidak merasa benar-benar percaya diri, penting untuk memulai dari suatu tempat.

"Saya pikir jika Anda masih muda, dan Anda ingin mencobanya, Anda harus bersiap bahwa segala sesuatunya tidak akan berjalan dengan baik setiap saat, dan Anda akan membuat kesalahan," kata Kate.

"Itu bagian dari perjalanan."

Kuncinya, kata Mellisa, adalah memperlakukan kesalahan itu sebagai kesempatan belajar, daripada menyalahkan diri sendiri tentang kesalahan itu.

"Saya benar-benar berharap saya mulai berinvestasi lebih muda, dan saya membuat lebih banyak kesalahan sehingga saya bisa belajar dari mereka," katanya.

"Seiring waktu, saya akan bisa mengembangkan portofolio yang lebih baik lebih awal."

0/Post a Comment/Comments